Rabu, 26 Juni 2013

Kata Kata Inspiratif Ahmad Rifai Rif'an


Banyak yg hidup cuma untuk kesenangan diri dan keluarganya saja. Maka mari jadi manusia yg lebih hebat dari itu. Hidup sekali, berarti, lalu mati.
Saat memberi, kebahagiaan yg hadir di jiwa kita lebih besar daripada saat kita menerima pemberian. Itu fitrah. Kita bahagia saat memberi
Saat jiwa sedih dan gundah, cobalah keluar sejenak. Temui mereka yg butuh. Lalu bantu semampu kita. Insyaallah sedih kita langsung menguap.
Kayaknya aneh, kitanya yg sedih kok malah diminta nolong orang lain? Padahal tak aneh. Saat kita nolong orang, Tuhan yg langsung nolong kita.
Mau hidup mudah, mudahkan hidup orang lain. Mau hidup sukses, bantu sukseskan orang lain. Mau doa terkabul, rajinlah doakan orang lain.



Sebagian belum pernah terpikir untuk bermimpi. Sebagian sudah bermimpi tinggi tapi kemudian merevisi dan menurunkan impiannya karena khawatir impian itu tak tergapai. Sebagian yg lain menetapkan impiannya dan terus meningkatkan impiannya agar dirinya tak pernah berada di zona nyaman yg pada akhirnya membuat hidupnya stagnan.
Tapi yg harus kita sadari, bahwa tk ada ceritanya orang besar dalam sejarah yg tak memulai kebesarannya dg impian besar saat mereka masih 'kecil'. Impian itu dijaganya baik2, jangan sampai rintangan yg datang dalam perjalanan menggapai impian itu meruntuhkan mimpinya. Mereka justru menjadikan rintangan itu sebagai tantangan yg menarik untuk ditaklukkan.
Sejak dulu, formula keberhasilan selalu terkait dg tiga hal saja: Bermimpi setinggi2nya, berupaya sekuat2nya, dan mendekati Allah sedekat2nya. Semangat memperjuangkan impian tinggi kita masing2. Semoga Allah menjadikan perjalanan kita menuju puncak sebagai ibadah yg mulia.



Yg nunggu jodoh moga lekas dipertemukan. Yg mau kuliah moga masuk kampus idaman. Yg masih kuliah moga dilancarkan sampe wisuda. Yg nyari kerja moga masuk perusahaan yang diimpikan. Yg berwirausaha moga segera dibesarkan. Yg belum nikah moga disegerakan 
Yg sudah nikah moga segera dikasih momongan. Yg keluarganya ada masalah moga segera terselesaikan. Yg lagi sakit moga lekas disembuhkan. Yg banyak utang moga segera dilunaskan. Yg lagi sedih moga segera digembirakan. Yg masih pacaran moga segera disadarkan 



Pelajaran penting dari Sang Nabi: Hidup harus dinamis dan dinamisnya harus mengarah ke yg lebih baik. Kalo lebih buruk, celaka. Kalo stabil, kita rugi. Maka tak ada pilihan lain kecuali terus berbenah. 
Ketika hidup kita konstan, merasa nyaman dg yg ada, serta tak ada motivasi untuk terur memperbaiki kualitas diri, maka siaplah untuk tak punya pengaruh bagi kehidupan. Kita ada, tapi terlindas oleh masa. Kita ada, tapi seperti tiada. Maka pilihannya hanya satu: berubah. Kalo tak mau, kita punah.



Kalo niatnya emang nyari pria buat ngimamin sholat jamaah di rumah, bukan nyari yg sekedar cakep dan kaya. Tapi yg fasih bacaan qur'annya serta baik ilmu agamanya. 
Kalo niatnya emang nyari wanita yg bisa jadi ibu teladan bagi sang anak, bukan cari yg sekedar cantik. Tapi yg akhlaknya indah serta luas wawasan dan ilmu agamanya.
Tentu beda kalo nyarinya emang cuma buat pajangan dan bangga2an



Cinta Allah pada hamba-Nya, jauh lebih besar ketimbang cinta seorang ibu pada anaknya. Maka dia bukannya tak kabulkan doamu. Dia kabulkan butuhmu. Belum tentu saat keinginan kita terkabul, hidup kita lebih bahagia. Kita mungkin tahu yg kita ingin, tapi Allah lebih tahu yg kita butuh.
Kedamaian hidup akan hadir ketika kita menjadikan Allah sebagai tempat berserah. Kita syukuri yg ada, sambil berupaya sesuai yg kita bisa. Bahagia hadir bukan karena kita punya segalanya. Bahagia hadir karena kita pandai mensyukuri segalanya.




Teruslah bergerak, hingga kelelahanlah yg lelah mengikuti gerakmu. Teruslah berlari, hingga kebosanan yg justru bosan mengejarmu. Teruslah berjalan, hingga keletihan yg akan letih bersamamu. Tetaplah berjaga, hingga kelesuan menjadi lesu menemanimu. Karena tak ada sedetik pun jedah istirahat sblm kita menginjakkan kaki di pelataran surga.



Jangan berkata 'Ya Allah aku punya masalah besar, tapi katakan, 'Ya masalah, aku punya Allah yg Maha Besar'




"Tuhan, hilangkan sombongku. Kuburkan angkuhku. Basuhlah riya'ku. Guyurlah 'ujubku. Buanglah sum'ahku. Hempaskan takaburku. Jika harta membuatku angkuh, maka cabutlah. Jika popularitas membuatku sombong, maka jatuhkan. Jika jabatan membuatku takabur, maka turunkan". 
[Berani berdoa seperti itu?. Jika belum, mari kita bersama belajar. Karena ternyata kecintaan kita kepada dunia telah mengikis rasa takut kita pada Tuhan]



Bukan karena rumah istana kita jadi bahagia. Tapi karena kita bahagia rumah jadi bagai istana. Bukan karena mudah kita yakin bisa. Tapi karena kita yakin bisa semua menjadi mudah. Bukan saking nikmatnya kita jadi bersyukur. Tapi karena kita bersyukur semua jadi terus nikmat. Bukan karena hari ini indah kita bisa tersenyum. Tapi karena kita tersenyum hari ini jadi begitu indah.




Saat di Mi, ku bilang ke guruku, "Adzan itu enak ya Pak". Aku pun jadi muadzin terkecil di masjid dan menjuara Lomba Adzan se-KAMPUNG. Waktu SMP, aku bilang ke guruku, "Qiro'ah itu enak ya Pak". Aku pun jadi qari' di acara wisuda dan lomba Qiro'ah se-KECAMATAN. Saat SMA, aku bilang ke guruku, "Belajar Fisika itu menyenangkan ya Pak", dan aku pun menjuarai olimpiade Fisika se-KABUPATEN. Waktu kuliah, aku pun bilang, "Nulis itu nyenengin ya", aku pun nulis belasan buku, dan menjadi juara penulisan essay mahasiswa tingkat NASIONAL. Kerjakan apa yg kau sukai. Karena yg kau sukai itulah yg kelak akan membesarkanmu.




Jadi orang besar menyenangkan, tapi susah dijalanin. Tapi kalau mudah dijalanin, mana ada istimewanya? 
Mas, hidup itu tak semudah kata-kata pak Mario Teguh. Tapi juga tak sesulit kata-kata orang yg suka ngeluh 
Hidup itu dijalanin. Masalah itu dihadapin. Tantangan itu ditaklukin. Bukan terus2an ditangisin dan dikeluhin 
Jangan cengeng ya. Hidup memang butuh perjuangan. Menuju puncak emang menanjak. Kalo jadi orang rata2, maen perosotan juga nyampe  
 Menggapai impian tinggi emang gak mudah. Justru itulah yg kelak membuat cerita suksesmu makin berkesan dan istimewa 
Semangat 





Bagaimana kalo jatuh cinta tapi belum siap nikah? Ya udah, pendam. Abaikan. Sibukkan hari sesibuk mungkin. Insyaallah kalo sibuk, cinta terpendam itu gak akan jadi jerawat 
Kita terlalu serius dalam menanggapi perasaan (baik perasaan cinta, benci, sedih) seringkali karena kita tidak terlalu sibuk. Sehingga banyak waktu kosong untuk ngelamun 
Kata orang, cinta kayak kentut. Dikeluarkan malu, ditahan bikin mules, Tapi kalo belum siap untuk dihalalkan, lebih baik tahan dulu mulesmu. Insyaallah perlahan ia akan menguap dg sendirinya. Sibukkan saja masa mudamu dg berbagai hal yg produktif 

Semoga masa depanmu dicerahkan oleh-Nya




Jangan buru-buru bilang gak bisa sebelum mencoba.
Jangan buru-buru menyerah sebelum kau benar2 memperjuangkannya.
Jangan buru-buru pasrah sebelum kau mengikhtiarinya.
Semangat 

5 komentar:

semua kata hikmah yang rifai rifan kasih sellu mempunyai makna yang mendalam...

semoga kita mapu seperti beliau agr kita mampu tebarkan kebaikan karena tak ada yanh lebih abadikecuali kebaikan itu sendiri

semoga kita mapu seperti beliau agr kita mampu tebarkan kebaikan karena tak ada yanh lebih abadikecuali kebaikan itu sendiri

kata katanya penuh makna semoga memberi pencerahan kepada setiap hamba allah
terima kasih:)